Tips Jitu Memilih Layanan Hosting

NggaweTulisan.com – Halo sahabat NggaweTulisan, postingan saya kali ini lebih ke pengalaman pribadi dalam membuat sebuah blog yang menarik serta elegan.

Bagi Anda yang tertarik ingin membuat website sendiri serta ingin belajar mengenai cara memilih hosting yang baik, bisa belajar dari pengalaman pribadi saya berikut ini.

Sekitar awal tahun 2015, saya memulai membuat blog yang memuat konten tentang anime. Saat itu saya masih sangat awam di dunia blogging sehingga dalam pikiran saya untuk membuat sebuah blog, saya harus bisa web programming untuk membuat sebuah template atau layout untuk sebuah website atau blog. Kebetulan sekali saat itu saya sudah ada template atau layout hasil dari tugas skripsi sehingga bisa saya gunakan untuk membuat sebuah blog.

Template sudah siap dan yang berikutnya adalah sewa hosting dan domain. Saya searching di internet dan menemukan layanan penyedia hosting dan domain. Oh ya, pertama kali membuat website, saya langsung menggunakan hosting berbayar dan membeli domain karena ingin blog tampak profesional.

Setelah semua sudah siap seperti template blog, hosting dan domain, akhirnya launching blog anime saya. Saya memulai mengisi konten di blog. Setelah jalan beberapa bulan dan konten cukup banyak, timbul masalah pada blog saya. Permasalahan itu diantaranya template bermasalah, server dimana saya sewa hosting sering down atau maintance sehingga saya sering kali melakukan reset. Meskipun demikian, permasalahan terus berulang. Dari sisi template, saya berasumsi bahwa template yang saya gunakan (buat sendiri) tidak compatible dengan mesin layanan hosting yang saya sewa. Akhirnya saya vakum mengisi konten dan saya putuskan untuk menonaktifkan blog anime saya.

Memasuki pertengahan tahun 2016, saya kembali berpikiran untuk membangun kembali blog anime dengan domain yang berbeda. Saya membaca buku mengenai membuat blog dan searching layanan hosting untuk pemula dengan harga yang relatif murah. Dari hasil searching, memang banyak layanan hosting yang direkomendasikan, baik layanan dari luar negeri maupun dalam negeri. Dari daftar layanan hosting yang ada, saya memilih DomaiNesia. Kenapa saya memilih DomaiNesia? Karena melihat testimoni dan memiliki reputasi yang cukup baik. Itulah alasan saya memilih DomaiNesia sebagai tempat hosting dan domain blog anime terbaru saya.

Untuk blog anime kali ini, saya menggunakan CMS WordPress. Kenapa WordPress? karena platform wordpress ini mudah digunakan dan mempunyai banyak template free alias gratis. Jadi saya tidak perlu pusing-pusing membuat template lagi. Cukup memilih template yang tersedia di wordpress. Pada akhirnya cukup memikirkan isi dari konten blog saja. Blog anime saya pun sampai saat ini masih aktif dan tidak ada kendala apapun. Kalau pun ada kendala, pihak DomaiNesia siap membantu.

DomaiNesia memberikan pelayanan terbaiknya dan fast respon ketika saya mengalami kendala pada blog saya. Saya cukup merasa puas bahkan 3 blog yang saya miliki, saya menggunakan layanan dari DomaiNesia semua.

3 blog saya diantaranya yaitu :

Dari cerita pengalaman pribadi saya di atas, saya dapat memberikan beberapa saran kepada Anda yang ingin membuat blog.

  1. Jika Anda ingin membuat website berbayar, carilah layanan hosting yang benar-benar stabil. Anda bisa searching di internet dan lihat testimoni yang ada. Itu bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih layanan hosting.
  2. Jika Anda bukan seorang master web developer atau web programmer, lebih baik Anda gunakan CMS seperti wordpress, joomla, dan masih banyak lagi.
    Karena pengalaman pribadi saya yang bukan seorang master web developer atau web programmer, menggunakan template buatan sendiri menjadi tidak lancar bahkan berantakan.

Itu saja cerita dan sedikit saran dari saya, semoga bisa bermanfaat.

Silahkan berikan saran, kritik, atau pengalaman Anda tentang Layanan Hosting di form komentar.
Saran, kritik, atau pengalaman Anda semua bisa menjadi pelajaran bagi saya pribadi dan juga pembaca setia di blog NggaweTulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *